Media Sosial
Untuk Promosi
dan Pemasaran
Penulis: Akhmad Suhaimi ( Humas RSMH )
Media
sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu
sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan
gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual (McGraw Hill Dictionary)
Media
sosial telah berkembang menjadi salah satu bagian yang penting dalam kehidupan
sehari-hari karena banyak memberikan manfaat. Mulai dari berbagi tentang
informasi menarik, maupun berkomunikasi dengan keluarga yang jauh.
Sebagian
orang berpikir bahwa beraktifitas mengunakan media sosial hanyalah aktivitas
sia-sia dan buang-buang waktu saja. Padahal bila memanfaatkan dengan benar kekuatan
media sosial bisa digunakan untuk
melakukan promosi produk / jasa layanan yang kita miliki
Beberapa alasan mengapa media sosial adalah Sarana yang Tepat untuk Menunjang Pemasaran produk/jasa pelayanan yg kita miliki
Jangkauan Lebih Luas
Kemampuannya menjangkau lebih luas dari yang bisa dilakukan oleh
media konvensional. Konsumen dapat menerima pesan di mana saja dan kapan saja
bahkan kondisi cuaca mempengaruhi komunikasi.
Kita juga bisa membagikan informasi dalam waktu yang singkat.
Media sosial, dapat menjangkau lebih banyak orang dan membuat lebih banyak
masyarakat yang mengetahui dan tertarik untuk mengunakan layanan atau jasa yang
ditawarkan Inilah menjadi salah satu
alasan mengapa media sosial menjadi sarana yang tepat untuk menunjang bisnis
pemasaran dibandingkan dengan media lainnya
Sebagian besar Konsumen mempunyai akun Media Sosial
Saat ini sebagian besar konsumen mempunyai akun media sosial baik itu Facebook,
Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Beberapa penelitian setiap orang menghabiskan
lebih 2 jam setiap hari mengunakan
medsos Inilah yang menjadi salah satu
alasan terbaik mengapa harus mencoba memasarkan melalui media sosial
Biaya Murah, Efektif dan Efisien
Mendaftar dan membuat akun gratis di setiap
jenis platform sehingga pemasaran melalui media sosial menjadi cara
terhemat yang bisa dijalankan. Pemasaran ini cenderung menuntut untuk
menginvestasikan waktu dalam membuat dan menerbitkan konten serta melakukan
interaksi dengan pelanggan dibandingkan
dengan uang. Begitupun bila memutuskan
untuk menggunakan iklan berbayar, media sosial juga memfasilitasi untuk memulai
dari biaya kecil. Media sosial jelas
lebih efektif, daripada memanfaatkan cara lama dengan keterbatasan
teknologi.
Lebih Praktis dan cepat dalam memberikan informasi
Media bisa digunakan dengan lebih mudah bahkan kita secara pribadi pun bisa menjadi
admin dari usaha yang kita miliki. Rancang
konten promosi, gunakan koneksi internet, dan kita pun bisa mengunggahnya di
halaman media sosial untuk dibagikan kepada para followers dan calon pelanggan.
Penyampaian informasi, konten, dan promosi yang praktis dan cepat menggunakan
media sosial bisa menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan bisnis
penjualan.
Dapat Merespon keluhan dan keinginan pelanggan dengan Cepat
Komentar
positif maupun negatif dari konsumen adalah salah satu hal penting yang dapat
meningkatkan kualitas pelayanan menjadi
lebih baik. Melalui social media, kita akan dapat dengan cepat menerima feedback dari
pelanggan. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar atau pesan pada sebuah
postingan Dengan social media, Anda juga dapat mengetahui apa yang
pelanggan inginkan dan butuhkan.
Itulah
beberapa alasan kenapa kita harus mulai memiliki social media Dengan
adanya Media Sosial, pelanggan dapat lebih mudah mencari dan mengetahui
informasi tentang produk atau jasa yang kita jual. Medai Sosial juga dapat menjadi salah satu alat untuk
mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan atau jasa yang kita miliki
( Doc-Humas RSMH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar