Sabtu, 20 Juni 2020

BAYI BUGAR DARI IBU PDP DAN KOMFIR COVID-19


BAYI BUGAR DARI IBU

PDP DAN KOMFIR COVID-19

Narasumber: Dr. Afifa Ramadanti, SpA(K) & Dr. Indrayady, SpA(K)
( RSMH Palembang)


Kondisi kesehatan bayi saat lahir sangat tergantung dengan keadaan ibu selama menjalani proses kehamilan, sejumlah penyakit bisa saja menular dari ibu ke bayi saat baru lahir. Termasuk di masa pandemi  seperti sekarang ini, ketika ibu sedang h  dapat terjadi namun sering juga bayi yang dilahirkan dalam keadaan  sehat dan bugar.
amil resiko terinfeksi Virus Covid19


Lalu, bagaimana penanganan terhadap bayi baru lahir dari ibu yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) atau Konfirm Covid19 ?


Bayi saat lahir segera dikeluarkan dari  ruang melahirkan, tetap disuntik Vitamin K dan Hepatitis B dan bayi dimandikan air hangat dan sabun.  Bayi dipisahkan dari ibu dengan memberikan edukasi sebelumnya , diusahakan agar bayi dirawat  dalam incubator, bila tidak ada dipisah dengan memakai tirai, dirawat oleh pendamping yg juga diberikan edukasi dengan  segala risikonya yang dapat terjadi selama masa perawatan bayi tersebut.


Bayi  tetap bisa  mendapat ASI perah dari ibu dengan tetap menjalankan  protokol kesehatan saat memerah ASI. Kemudian bayi diobservasi terhadap gejala sambil menunggu hasil swab sang  ibu. Bila hasil swab ibunya positive bayi dilakukan pemeriksaan  swab, namun   bila hasil pemeriksaan swab ibu negatif bayi dapat dirawat seperti bayi biasa.


( Doc. Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RAPID TEST COVID-19, SEBERAPA AKURAT?

  RAPID TEST COVID-19,    SEBERAPA AKURAT? (Dr. Eny Rahmawati, MSc, SpPK (K) Menghadapi wabah Covid-19 yang semakin merajalela ini, penegaka...