Jumat, 12 Juni 2020

MYASTHENIA GRAVIS, KENALI GEJALANYA! dr.Andika Okparasta,Sp.S ( RSMH Palembang)





MYASTHENIA GRAVIS,

KENALI GEJALANYA!

dr.Andika Okparasta,Sp.S ( RSMH Palembang)

MYASTHENIA GRAVIS  Adalah Penyakit  neuromuscular yang ditandai dengan kelemahan otot, dapat melibatkan otot saraf, otot rangka dan juga otot pernafasan, yaitu melemahnya otot tubuh akibat gangguan pada saraf dan otot , dimana pada awalnya penderita akan merasa cepat lelah setelah melakukan aktifitas fisik , tetapi keluhan akan membaik setelah beristirahat.

Penyakit ini harus selalu disiplin dalam melakukan pengobatan, tidak diperbolehkan menghentikan steroid secara mendadak tanpa sepengetahuan dokter syaraf yang merawatnya, sekalipun untuk pasien yang menggunakan ventilator di rumah sebaiknya tetap selalu berkomunikasi intensif dengan rumah sakit atau neurology yang merawatnya.

Di masa pandemi seperti sekarang ini , beberapa tatalaksana spesifik Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia yaitu kloroquin dan azitromisin dapat mempengaruhi fungsi neuromuscular secara signifikan, sehingga tidak aman digunakan oleh pasien Myasthenia Gravis  kecuali bila dukungan ventilasi tersedia.

Sedangkan Pasien Myathenia Gravis  dengan kemampuannya batuk yang lemah, menggunakan selang tracheostomy, penggunaan steroid dan obat imunosupresif memiliki risiko bermakna terinfeksi Covid-19. Jenis penanganannya pun berbeda-beda untuk tiap penderita, tergantung usia, tingkat keparahan, dan kondisi pasien secara keseluruhan.

Beberapa cara untuk mencegah gejala myasthenia gravis semakin memburuk yaitu, mencegah infeksi dengan mencuci tangan dan memakai masker , tidak melakukan aktifitas yang berat atau berlebihan serta mengendalikan stress hingga menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

( Doc. Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RAPID TEST COVID-19, SEBERAPA AKURAT?

  RAPID TEST COVID-19,    SEBERAPA AKURAT? (Dr. Eny Rahmawati, MSc, SpPK (K) Menghadapi wabah Covid-19 yang semakin merajalela ini, penegaka...